Home » RI dan Singapura Komitmen Berbagi Ilmu soal Pengembangan Kota Termasuk IKN

RI dan Singapura Komitmen Berbagi Ilmu soal Pengembangan Kota Termasuk IKN

by Rara Utama
27 views 1 minutes read

Jakarta – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa dan Menteri Pembangunan Nasional Singapura Desmond Lee menandatangani Memorandum Saling Pengertian (MSP) di Singapura.

Memorandum tersebut adalah Kemitraan Bilateral Mengenai Pembangunan Perkotaan dan Perumahan Berkelanjutan. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari Leaders’ Retreat yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Melalui MSP antara Kementerian PPN RI dan Singapura tersebut menegaskan komitmen bersama untuk menangani isu pembangunan, khususnya tentang pembangunan perkotaan berkelanjutan dan perencanaan tata guna lahan.
“Kementerian PPN/Bappenas dan MND menyadari, pentingnya membina kemitraan bilateral atas dasar kedaulatan, kesetaraan, saling menghormati dan saling menguntungkan, serta memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Singapura,” tutur Suharso dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (17/3/2023).

MSP tersebut juga mengamanatkan pelaksanaan kemitraan dalam pertukaran pengetahuan dan pelatihan untuk regenerasi perkotaan serta pembangunan kota yang berkelanjutan. Adapun wilayah potensial untuk kemitraan tersebut adalah Wilayah Metropolitan Jakarta dan Kota Tanjung Pinang, tepatnya Pulau Penyengat.

Pulau Penyengat memiliki kekayaan sejarah dan budaya Melayu. Akan tetapi, pulau tersebut memerlukan penataan yang lebih komprehensif agar dapat menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh masyarakat kedua negara.

“Selain itu, fokus kerja sama juga mencakup bagaimana strategi mengembangkan pembiayaan inovatif untuk pembangunan infrastruktur perumahan yang cerdas dan berkelanjutan, termasuk di Ibu Kota Nusantara, sebagai percontohan,” kata Suharso.

Sumber : Detikfinance

You may also like