Home » Pemain ASEAN Tak Usah Pikir Panjang untuk Main di Luar Negeri

Pemain ASEAN Tak Usah Pikir Panjang untuk Main di Luar Negeri

by Diah Harum
228 views 1 minutes read

 

Beberapa tahun terakhir, semakin banyak pemain dari Asia Tenggara yang mulai meniti karier di luar negaranya. Hal itu, menurut mantan striker timnas Thailand, Teeratep Winothai, sebagai langkah yang sangat tepat.

Menurut Teeratep, keluar dari zona nyaman dan menimba ilmu dengan bermain di kompetisi luar, akan memiliki banyak kegunaan. Hal itu pun turut dirasakan oleh sejumlah pemain Thailand, termasuk dua bintang andalan mereka, Chanathip Songkrasin dan Theerathon Bunmathan.

Chanathip saat ini masih berkarier di Liga Jepang bersama Kawasaki Frotale. Sementara, Theerathon pernah memperkuat klub J1 League, Vissel Kobe dan Yokohama F Marinos, dan baru kembali ke Thailand untuk membela Buriram United pada tahun lalu.

“Jangan berpikir panjang tentang itu (berkarier di luar negeri), cukup lakukan saja. Kalian akan berkembang dalam segala hal tentang skill sepak bola dengan pergi ke luar negeri. Percaya dengan saya, anda akan melihat perbedaannya segera setelah pemain itu kembali,” bilang Teeratep, seperti dikutip Football5star.com dari Zingnews.

Teeratep Winothai selama kariernya pun tak melulu bertahan di Thailand. Saat masih usia sekolah, dia sempat menimba ilmu di klub Liga Inggris, Crystal Palace. Lalu setelah berkarier profesional, dia pun sempat menjajal kompetisi di Belgia bersama Lierse meski tak sukses.

Namun, menurut Teeratep, para pemain Asia Tenggara tak perlu muluk untuk berpikir mengejar karier di Eropa. Bagi dia, bisa mencicipi karier di Liga Jepang seperti Chanathip atau Theerathon pun akan sangat berguna untuk perkembangan karier sang pemain.

“Saya lebih memilih Jepang. Mereka selalu memberikan kita kesempatan untuk bersaing dan level kedisiplinan mereka juga sangat tinggi,” bilang Teeratep Winothai lagi.

“Tengok Theerthon Bunmathan, dia pemain top. Dia berpengalaman main di Liga Jepang. Apa yang paling saya kagumi adalah dia bisa mengirimkan bola berbahaya dari segala arah seperti bola panjang, crossing, tendangan bebas, set-pieces, umpan pendek, dan banyak lagi. Dia sangat berkelas,” pungkasnya.

Sumber : Football 5 Star

You may also like