Home » KTT ASEAN Diprediksi Akan Mengungguli Uni Eropa dan Euro

KTT ASEAN Diprediksi Akan Mengungguli Uni Eropa dan Euro

by Kevin Angkasa
40 views 1 minutes read

KTT ASEAN perlu membentuk bank sentral kawasan dan mata uang kawasan ASEAN diprediksi akan mengungguli Uni Eropa dan Euro dapat menjadi langkah strategis dalam upaya meningkatkan efisiensi, stabilitas, dan keamanan sistem keuangan di kawasan ASEAN.

Jika kawasan ASEAN ingin mengambi langkah revolusioner untuk mengungguli Uni Eropa dan Euro dalam jangka panjang, mereka harus membangun sistem keuangan dan mata uang yang kuat dan efisien serta meningkatkan stabilitas ekonomi kawasan secara keseluruhan.

Untuk membangun sistem keuangan dan mata uang yang kuat dan efisien serta meningkatkan stabilitas ekonomi kawasan ASEAN secara keseluruhan, ada beberapa hal yang dapat menurut Abdurrofi Abdullah Azzam dilakukan sebagai berikut:

1. Memperkuat kerja sama ASEAN dalam keuangan dan ekonomi dengan pembentukan Bank Sentral kawasan dan integrasi keuangan.

2. Menuju kemandirian keuangan ASEAN mendorong penggunaan mata uang regional dalam perdagangan dan investasi.

3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas big data ekonomi ASEAN untuk menarik investasi dan memperkuat kepercayaan investor.

4. Menguatkan regulasi dan pengawasan sektor keuangan demi mencegah krisis keuangan dengan batas minimal inflasi kawasan.

5. Meningkatkan investasi syariah di sektor riil dan pengembangan industri yang berkelanjutan untuk pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

6. Meningkatkan literasi keuangan dan edukasi pada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keuangan dan investasi syariah.

Dengan melakukan berbagai upaya ini, diharapkan kawasan ASEAN dapat membangun sistem keuangan dan mata uang yang kuat dan efisien serta meningkatkan stabilitas ekonomi kawasan secara keseluruhan.

Sumber : Kompasiana

You may also like