Home » Erdoğan Memberikan Dukungan Di Belakang Rusia Setelah Klaim Kılıçdaroğlu Tentang Campur Tangan Dalam Pemilu Turki

Erdoğan Memberikan Dukungan Di Belakang Rusia Setelah Klaim Kılıçdaroğlu Tentang Campur Tangan Dalam Pemilu Turki

by Sarah Rimbo
44 views 2 minutes read

Presiden Recep Tayyip Erdoğan telah memberikan dukungannya di belakang Rusia setelah klaim kandidat presiden oposisi Kemal Kılıçdaroğlu bahwa negara tersebut ikut campur dalam pemilihan Turki. “Ketika Anda (Kılıçdaroğlu) menyerang Putin, jangan tersinggung tapi saya tidak akan setuju dengan ini,” kata Erdogan pada 12 Mei.

Bahasa Inggris Duvar

Presiden Recep Tayyip Erdoğan telah memberikan dukungannya di belakang Rusia setelah calon presiden oposisi Aliansi Bangsa Kemal Kılıçdaroğlu mengatakan Moskow berada di belakang skandal video seks yang menyebabkan mundurnya Muharrem İnce dari pemilihan presiden.

“Tn. Bye Bye Kemal sekarang menyerang Tuan Putin, Rusia. Hei Kılıçdaroğlu, (Presiden AS Joe) Rekor Biden tentang ‘Erdogan perlu dikalahkan’ (sebelumnya) telah keluar. Itu ada dalam catatan. Tapi Anda (Kılıçdaroğlu) tidak mampu, sengsara. Ketika Biden mengatakan demikian, saya tidak mengatakan, ‘Mengapa Biden mengatakan demikian?’” kata Erdogan, merujuk pada pernyataan Biden sebelumnya bahwa Washington harus memberanikan para pemimpin oposisi Turki “untuk dapat menghadapi dan mengalahkan Erdoğan.  

Erdoğan membuat pernyataan tersebut pada 12 Mei saat berpidato di KTT Pemuda Turki ke-3 di Istanbul.

“Ketika Anda (Kılıçdaroğlu) menyerang Putin, jangan tersinggung tetapi saya tidak akan menyetujui ini karena hubungan kami dengan Rusia tidak kalah pentingnya dengan hubungan dengan AS. Volume perdagangan kami lebih banyak (dengan Rusia). Tapi, Tuan Bye Bye Kemal, Anda tidak tahu atau mengerti apa itu manajemen negara. Kami berhubungan dengan seluruh penjuru dunia; kami tahu apa itu manajemen negara,” kata Erdogan.

Pemimpin Partai Tanah Air Muharrem İnce mengundurkan diri dari pemilihan presiden pada 11 Mei, mengutip “pembunuhan karakter” palsu yang dilakukan secara online. Dia memberikan sedikit detail.

Setelah itu, Kılıçdaroğlu mengatakan bahwa Rusia bertanggung jawab atas perilisan konten online yang “palsu”, mendesak negara tersebut untuk tidak mencampuri urusan dalam negeri Turki.

Kremlin kemudian membantah ikut campur. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan orang-orang yang menyampaikan tuduhan semacam itu kepada Kılıçdaroğlu adalah pembohong dan bahwa Rusia sangat menghargai hubungannya dengan Turki.

Sumber: duvarenglish

You may also like