Home » Türkiye Berteman Dengan AS, Rusia, Kata Presiden Erdogan

Türkiye Berteman Dengan AS, Rusia, Kata Presiden Erdogan

by Panji Bagaskoro
23 views 3 minutes read

‘Tidak akan menerima calon presiden oposisi yang menyerang Putin, Rusia,’ kata Recep Tayyip Erdogan

ISTANBUL

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Ankara memiliki hubungan baik dengan AS dan Rusia.

Türkiye adalah “berteman dengan Amerika dan Rusia dan mereka yang membenci kami di Barat,” kata Erdogan selama siaran langsung dengan beberapa saluran televisi Turki pada hari Jumat, menjelang pemilihan presiden dan parlemen hari Minggu.

Pernyataan Erdogan datang sehari setelah Kemal Kilicdaroglu, pemimpin oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP) dan kandidat bersama untuk oposisi enam partai Nation Alliance, pada hari Kamis menuduh Rusia berada di belakang konten video yang diduga mendiskreditkan calon presiden di parlemen. pemilu 14 Mei mendatang.

“Teman-teman Rusia yang terkasih, Anda berada di balik montase, konspirasi, konten palsu yang dalam, dan rekaman yang diekspos di negara ini kemarin.

“Jika Anda ingin persahabatan kami berlanjut setelah 15 Mei, lepaskan tangan Anda dari Turki. Kami masih mendukung kerja sama dan persahabatan,” kata Kilicdaroglu di Twitter.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada hari Jumat menolak tuduhan tersebut, dengan mengatakan tidak ada pertanyaan tentang campur tangan Rusia dalam pemilu Turki, dan bahwa “mereka yang menyebarkan desas-desus seperti itu adalah pembohong.”

Rusia menghargai hubungan dengan Türkiye karena mengambil “posisi yang sangat bertanggung jawab, berdaulat, dan bijaksana,” tambah Peskov.

“Mereka yang menginginkan administrasi Türkiye berkata, ‘Biarkan saya menjadikan Barat sebagai teman. … Apa pun sanksi Barat, saya juga akan menerapkannya di Rusia.’ Anda (Kilicdaroglu) tidak bisa menjadi negarawan. Menurut Anda siapa Anda untuk menjatuhkan sanksi pada Rusia?” Erdogan juga mengatakan.

Sebelumnya pada hari Jumat, Erdogan juga mengecam Kilicdaroglu atas pernyataannya tentang Rusia.

Kilicdaroglu “menyerang (Presiden Rusia Vladimir) Putin dan Rusia,” kata Erdogan dalam acara pemuda di Istanbul.

Mengingat wawancara tahun 2019 oleh Presiden AS Joe Biden yang mengatakan AS dapat mendukung elemen oposisi di Türkiye untuk mengubah gelombang perkembangan politik, Erdogan berkata: “Tapi Anda (Kilicdaroglu) tidak berdaya, pecundang.”

“Tetapi ketika Anda menyerang Putin sekarang, saya minta maaf, saya tidak akan menerimanya,” katanya.

“Karena hubungan kami dengan Rusia tidak berada di belakang hubungan kami dengan AS saat ini,” katanya, seraya menambahkan bahwa volume perdagangan luar negeri Türkiye dengan Rusia lebih banyak daripada AS.

‘Kami akan melakukan apapun yang diperlukan untuk demokrasi’

Ketika ditanya tentang klaim dari beberapa pihak bahwa dia tidak akan meninggalkan kantor jika oposisi memenangkan pemilihan, Erdogan mengatakan bahwa dia akan menganggap hasil apa pun yang keluar dari kotak suara sebagai “sah”.

“Sama seperti kita berkuasa dengan dukungan rakyat kita, jika bangsa kita memutuskan sebaliknya, kita akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk demokrasi,” katanya.

Dia ingat bahwa ketika CHP memenangkan pemilihan walikota Istanbul dan Ankara pada 2019, Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) menyerahkan kursi kepada penggantinya.

“Aliansi Rakyat yang dibentuk dengan persatuan partai-partai yang mengadopsi demokrasi akan menerima setiap hasil dari kotak suara sebagai sah. Kami mengharapkan komitmen yang sama dari rekan-rekan kami,” tambahnya.

Di Türkiye, pemilihan presiden dan parlemen akan berlangsung pada hari Minggu.

Pada pemungutan suara presiden, pemilih akan memilih antara Erdogan, Kilicdaroglu, dan Sinan Ogan dari Aliansi ATA. Muharrem Ince, calon presiden lainnya, mengundurkan diri dari pencalonan pada Kamis.

*Diyar Guldogan berkontribusi pada cerita ini dari Ankara.

Sumber: aa.com

You may also like