Home » Sempat Menolak, Luhut Kini Berharap Indonesia Bisa Mulai Ekspor Listrik ke Singapura

Sempat Menolak, Luhut Kini Berharap Indonesia Bisa Mulai Ekspor Listrik ke Singapura

by Diah Harum
24 views 1 minutes read


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Singapura sangat mengharapkan kerja sama dengan Indonesia untuk suplai listrik menggunakan energi bersih. Dia pun berharap Indonesia bisa memulai ekspor komoditas tersebut. 

“Mereka berharap sekali bisa kerja sama dengan Indonesia untuk supply listrik. Harapannya kita bisa mulai ekspor, karena saat ini, 95-96 persen masih menggunakan fosil,” ujar Luhut dalam keterangan tertulis pada Senin malam, 5 Juni 2023.

Lebih lanjut, dia berujar Indonesia dan Singapura adalah negara yang saling membutuhkan sebagai saudara di Asia Tenggara. Dia juga menuturkan Singapura adalah negara yang hebat sehingga bisa menjadi model untuk Indonesia, di bidang pendidikan, riset, dan lainnya. 

Padahal sebelumnya, Luhut memberi komentar menohok kepada Singapura saat menanggapi permintaan listrik hasil dari sumber energi bersih Indonesia. Sebab, industri energi tersebut tidak dibangun di Tanah Air. 

“Ini kan brengsek Singapura, dipikir kita bodoh tender perusahaan-perusahaan kita,” kata Luhut di acara Hilirisasi dan Transisi Energi Menuju Indonesia Emas, di The Westin Jakarta, Selasa 9 Mei 2023. 

Dia menilai Indonesia bisa saja mengekspor listrik ke negara lain. Tetapi, ia menekankan hal itu juga dibarengi dengan dibangunnya industri energi bersih di Indonesia. “Singapura minta supaya kita ekspor listrik. Saya bilang nggak mau. Mau (ekspor) kalau proyek di kita,” kata Luhut. 

Source: tempo

You may also like