Home » Covid-19 Mereda, Turis Tiongkok Mulai Serbu Thailand

Covid-19 Mereda, Turis Tiongkok Mulai Serbu Thailand

by Farah Lestari
54 views 2 minutes read

 

Turis Tiongkok kembali meramaikan kawasan wisata di Thailand setelah dicabutnya larangan bepergian usai pandemi Covid-19 yang berlangsung selama hampir 3 tahun.

Desember lalu, Tiongkok secara mendadak mencabut kebijakan “Nol-Covid” yang sempat memicu merosotnya perekonomian terbesar kedua di dunia itu.

“Karena pandemi, kami tidak bisa keluar dari Tiongkok selama tiga tahun,” kata turis dan pemilik bisnis, Kiki Hu, saat berwisata di Krabi di pantai barat daya Thailand.

“Sekarang, kami bisa pergi dan datang ke sini untuk liburan. Saya merasa sangat bahagia dan emosional,” tambahnya, dikutip dari laman Al Arabiya, Minggu, 22 Januari 2023.

Dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek, kawasan wisata di Asia telah bersiap menyambut kedatangan turis Tiongkok. Dalam skala global, turis dari Negeri Tirai Bambu itu telah menyumbang USD255 miliar atau sekitar Rp3,3 triliun setiap tahunnya sebelum pandemi.

Sejumlah negara, seperti Thailand dan Jepang, bergantung pada Tiongkok sebagai sumber pengunjung asing terbesar mereka.

Pemilik bisnis bernama Yoyo Chen dari Kota Yiwu di Tiongkok tengah mengatakan bahwa bisa kembali ke Thailand terasa seperti pulang ke rumah.

“Saya di sini untuk makan makanan laut. Sebelumnya, ketika saya di sini, saya makan nasi ketan mangga yang enak. Dulu di Tiongkok, saya terus memikirkan nasi ketan mangga di sini. Saya menantikan makanannya juga seperti mengunjungi pantai,” kata Chen.

“Mendapatkan visa sangat mudah sekarang. Industri pariwisata lebih berkembang di sini, ada banyak kegiatan dan masakan menyenangkan, dan orang Thailand juga sangat ramah,” lanjutnya.

Penghapusan pembatasan meningkatkan harapan bahwa turis Tiongkok dapat menyumbang hampir sepertiga dari 40 juta kedatangan turis asing Thailand seperti level pra-pandemi 2019.

“Kami senang Tiongkok akhirnya mengizinkan warganya bepergian. Saat ini, kami telah menerima beberapa pemesanan hingga Maret,” kata Woranuch Maungtong, manajer Tip-Top Destination di pulau resor Phuket, yang menyediakan layanan harian kapal cepat ke pulau-pulau terdekat.

Pemerintah Thailand mengharapkan setidaknya lima juta kedatangan turis Tiongkok tahun ini, dengan sekitar 300.000 di kuartal pertama.

Sumber : Medcom

You may also like