Home » Resmikan Whoosh, Jokowi: Ini Kereta Cepat Pertama di Indonesia dan ASEAN

Resmikan Whoosh, Jokowi: Ini Kereta Cepat Pertama di Indonesia dan ASEAN

by Abyasa Eka
36 views 1 minutes read



Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Whoosh, kereta cepat Jakarta-Bandung. Menurut Jokowi, Whoosh adalah kereta cepat pertama dan satu-satunya di Indonesia bahkan di Asia Tenggara atau ASEAN.

Kereta cepat Jakarta-Bandung ini adalah kereta cepat pertama di Indonesia dan pertama di ASEAN dengan kecepatan 350 km/jam,” kata Jokowi saat melakukan peresmian di Stasiun Halim Jakarta, Senin (2/10/2023).

Jokowi menamakan kereta cepat Jakarta-Bandung dengan nama Whoosh. Bukan tanpa sebab, menurut dia, kata Whoosh memiliki arti yang dalam.

“Kata Whoosh ini terinspirasi dari suara yang berkecepatan tinggi, dibacanya Wush,” jelas Jokowi.

Whoosh merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. Jokowi sendiri sudah menjajal beberapa kali kereta cepat Jakarta-Bandung. Terakhir, kepala negara juga membawa serta para pegiat seni dan influencers untuk menjajal kereta tersebut.

Kereta berkecepatan tinggi, yang sebagian besar didanai oleh China dan menelan biaya sekitar USD 7,3 miliar ini merupakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara (negara-negara ASEAN). Kereta ini akan menghubungkan ibu kota Jakarta ke kota Bandung.

Layanan kereta api ini akan mengurangi waktu perjalanan yang semula tiga jam menjadi sekitar 40 menit saja. Kereta ini akan punya kecepatan 350 kilometer (217 mil) per jam di jalur kereta api sepanjang 142 kilometer 988 mil.

Source : Liputan 6

You may also like