Home » Bersaing Ketat dengan Atlet Asean, Atlet Orienteering Kabupaten Tegal Raih Peringkat 3

Bersaing Ketat dengan Atlet Asean, Atlet Orienteering Kabupaten Tegal Raih Peringkat 3

by Intan Adiratna
12 views 2 minutes read



TEGAL – Atlet olahraga orienteering Kabupaten Tegal mendapat peringkat 3 di kelas Junior Putra di event World Ranking Event (WRE) yang diadakan di Karanganyar, Solo, Jawa Tengah pada tanggal 21 – 22 Oktober 2023.

Olahraga Orienteering itu sendiri merupakan olahraga  dimana pelakunya melakukan penjelajahan menggunakan peta dan kompas. Olahraga ini kini mulai digemari oleh kalangan anak muda, termasuk atlet dari SMK N 1 Bumijawa, Kabupaten Tegal ini.

“Kali ini Kontingen Kabupaten Tegal asal SMK N 1 Bumijawa berhasil menyumbangkan 2 buah medali Perunggu di Kategori Under 18 Putra untuk Kejurnas dan WRE (World Ranking Event) atas nama Adam Maulana Pranata kelas XI TKJ,”  tutur pelatih dan pengurus Orienteering Kabupaten Tegal Yusni Ahmad Widiyanto pada Panturapost.com, Senin (23/10/2023).

Menurut dia, kali ini event yang sangat ketat karena dihadiri oleh 11 Pengprov INA, Japan dan Singapore. Kejuaraan IOOC ini dilakukan  dengan sistem 2 Race, yang dimana Race pertama dilaksanakan pada Hari Sabtu 21 Okt 2023 di Dusun Nglurah Tawangmangu dengan format sprint.

Sedangkan hari Kedua dilaksanakan pada hari Minggu, 22 Okt 2023 di kawasan Bener Tawangmangu dengan format sprint.

“Semua Race sudah dilakukan dan kami hanya membawa 2 medali untuk dibawa ke SMKN 1 Bumijawa Kab.Tegal,” jelasnya.

Atlet orientering foto bersama dengan guru SMK N 1 Bumijawa.

Dengan mengikuti kejuaraan ini, Yusni bersyukur, target mengantar anak-anak agar bisa naik peringkat perangkingan Dunia pada Olahraga Orienteering sudah terwujud. Kini tinggal bagaimana prospek ke depannya.

“Semoga bisa terus konsisten membina anak-anak hebat ini,” harapnya.

Dia menyatakan sangat berkesan dan suatu pengalaman yang tidak bisa dirasakan di event sebelumnya, persaingan ketat, dan sengit semua atlet dari kelas junior hingga elite. “Mereka berjuang dengan keras dan yang paling berkesan bisa bekerja sama dengan event Advicor IOF dari perwakilan Asean yaitu dari Singapore. Hanya ini yg dapat saya berikan kepada kalian, sekolah, keluarga dan Kabupaten Tegal,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini ada lima atlet dari SMKN 1 Bumijawa, Kabupaten Tegal, di antaranya untuk kategori W18, Tri Yulianti kelas XI DKV, Fania Febrianti kelas XII TKJ dan Aulia Rakhmadhani kelas XII TITL. Untuk Kategori M18, Adam Maulana P kelas XI TKJ dan Imam Falakhudin kelas XII TKR.

Sumber : Pantura Post

You may also like