Home » 5 Poin Lawatan Jokowi ke AS: Suarakan Isu Palestina hingga Tawarkan Investasi IKN

5 Poin Lawatan Jokowi ke AS: Suarakan Isu Palestina hingga Tawarkan Investasi IKN

by Guritno Ningsih
16 views 4 minutes read


Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakhiri lawatannya ke Amerika Serikat – lepas landas melalui Bandar Udara Internasional San Fransisco untuk pulang menuju Tanah Air pada Jumat sore, 17 November 2023.

Selama kunjungan satu pekan ke Negeri Abang Sam, Jokowi menyuarakan isu Palestina kepada para pemimpin Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasific (APEC) hingga menawarkan investasi untuk proyek Ibu Kota Nusantara atau IKN kepada para pelaku bisnis.

Jokowi mengunjungi Amerika Serikat pada pekan ini untuk mengikuti rangkaian KTT APEC di San Francisco pada 16-17 November 2023. Pada Senin, 13 November 2023, Jokowi bertemu Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih. Kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan kemitraan Indonesia-AS menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif (Comprehensive Strategic Partnership/CSP).

Selain bertemu dengan para kepala negara dan pemerintahan, Jokowi juga menemui para pemimpin perusahaan seperti PT Freeport, ExxonMobil, hingga Vale dalam waktu terpisah beberapa hari ini. Dalam kunjungannya ke Negeri Paman Sam Jokowi juga sempat menyampaikan kuliah umum di Georgetown University, Washington DC serta Stanford University, San Francisc

“Gencatan senjata adalah suatu keharusan demi kemanusiaan,” kata Jokowi dalam sambutannya di pertemuan bilateral di Washington DC, dikutip dari keterangan tertulis Gedung Putih. Amerika Serikat, sekutu dekat Israel, juga menolak gencatan senjata walau belum lama ini mendukung jeda kemanusiaan.

Jokowi mengatakan dalam keterangan persnya, di pertemuannya dengan Biden ia menyampaikan hasil Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI) terkait kondisi terkini di Palestina saat bertemu dengan Biden. Keputusan KTT OKI yang digelar di Riyadh, Arab Saudi pada Sabtu, 11 November 2023, mengecam agresi Israel di Gaza, mendesak Dewan Keamanan PBB untuk bertindak menghasilkan resolusi sehingga kekejaman dapat segera diakhiri, bantuan dapat masuk, dan pentingnya mematuhi hukum internasional.

Perpanjang Kontrak PT Freeport

Presiden Jokowi menerima Chairman Freeport McMoRan, Richard Adkerson di Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, Amerika Serikat pada Senin 13 November 2023. Dalam pertemuan tersebut, ia menyambut baik pembahasan mengenai penambahan saham Freeport di Indonesia hingga perpanjangan izin tambang yang telah mencapai tahap akhir.

“Saya senang mendengar pembahasan penambahan 10 persen saham Freeport di Indonesia dan perpanjangan izin tambang selama 20 tahun telah capai tahap akhir,” kata Jokowi kepada Richard Adkerson, seperti dikutip dari keterangan tertulis Biro Pers dan Media Istana.

Izin tambang Freeport di Indonesia berakhir pada 2041. Artinya, jika penambahan itu disepakati, izin tambang akan berlaku sampai 2061. Presiden Jokowi pun berharap agar hal tersebut dapat diselesaikan pada akhir November tahun ini. “Selesai di akhir bulan ini,” katanya.

Beri Kuliah Umum di Dua Universitas

Jokowi menyampaikan kuliah umum di Georgetown University, Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin, 13 November 2023 untuk membahas falsafah bangsa Pancasila. Menurut Keterangan Biro Pers dan Media Istana, kuliah umum Jokowi diikuti oleh hampir 500 peserta yang terdiri dari akademisi hingga mahasiswa.  

“Dalam mengelola keberagamannya Indonesia memiliki panduan, memiliki ideologi yaitu Pancasila, unity in diversity yang menginspirasi di setiap sendi-sendi kehidupan termasuk kehidupan bernegara,” kata Jokowi Senin 13 November 2023.

Sementara, dua hari berselang pada Rabu, 15 November 2023, Jokowi memberikan kuliah umum di Stanford University, San Francisco, Amerika Serikat. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini membahas perubahan iklim dan tantangan dalam menjalankan transisi energi.

“Sampai saat ini yang namanya pendanaan iklim masih business as usual, masih seperti commercial banks. Padahal seharusnya lebih konstruktif, bukan dalam bentuk utang yang hanya akan menambah beban negara-negara miskin maupun negara-negara berkembang,” kata Jokowi dalam pernyataannya.

Tawarkan IKN ke CEO APE

Jokowi mengajak para CEO perusahaan global untuk berinvestasi di proyek Ibu Kota Nusantara (IKN). Ia menyampaikannya dalam acara APEC CEO Summit di San Francisco, AS. Dalam pemaparannya, ia menyebut Nusantara dibangun dengan konsep kota pintar berbasis hutan dan alam dan memiliki potensi investasi di berbagai sektor.

“70 persen area hijau, 80 persen transportasi publik berbasis energi hijau yang terbuka di berbagai sektor; infrastruktur, transportasi, teknologi, pendidikan, energi, keuangan, pariwisata, kesehatan dan perumahan,” kata Jokowi, dikutip dari keterangan video Biro Pers dan Media Istana. “Ini adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi di Indonesia dan saya harap bapak ibu dapat memanfaatkan peluang ini dengan lebih agresif dan lebih cepat,” ucapnya.

Presiden mengatakan sampai saat ini belum ada investasi asing yang masuk untuk proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Namun ia yakin, setelah investor dalam negeri bergerak, dari luar akan bermunculan. “Kita lihat saja nanti pasti akan masuk,” kata Jokowi dalam keterangan pers usai menghadiri Forum Ekonomi Asia Pasifik atau APEC CEO Summit, San Francisco, Amerika Serikat pada Kamis, 16 November 2023.

 Konferensi Tingkat Tinggi APEC

Dalam pidatonya di retreat KTT APEC, Jokowi menuturkan bahwa forum perlu memprioritaskan realisasi peluang dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan tangguh. Menurutnya negara-negara di Asia Pasifik – kawasan dengan 62 persen PDB global dan 48 persen perdagangan dunia, perlu menjalankan semangat kolaborasi. 

Presiden menilai bahwa kebersamaan dan strategic trust diperlukan untuk mewujudkan visi APEC 2040. “Ini kunci untuk pertahankan relevansi APEC sebagai forum ekonomi premier di kawasan,” katanya.

Jokowi juga mengatakan negara berkembang harus berperan dan berpartisipasi dalam rantai pasok global, termasuk melalui hilirisasi untuk mendukung negara berkembang lakukan lompatan pembangunan. Selain itu, ia mengharapkan APEC, yang tahun ini dipimpin Presiden Amerika Serikat Joe Bide, bersama-sama menjembatani kesenjangan digital melalui sinergi kebijakan dan penguatan infrastruktur yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Source : Tempo

You may also like