Home » “Indonesia Berperan Dalam Keamanan Udara Kawasan: Pangkoopsudnas Mengikuti Air Domain Awareness Dengan Petinggi Angkatan Udara ASEAN Di Hawaii” 

“Indonesia Berperan Dalam Keamanan Udara Kawasan: Pangkoopsudnas Mengikuti Air Domain Awareness Dengan Petinggi Angkatan Udara ASEAN Di Hawaii” 

by Cindy Kemala
20 views 1 minutes read


TNI AU. Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkopsudnas) Marsdya TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., mengikuti diskusi Air Domain Awareness (ADA) bersama para Chief of Staff negara-negara ASEAN, Kamis,(16/11/23).

Pangkoopsudnas dan para petinggi Angkatan Udara negara-negara Asean diantaranya Brunei Darusalam, Filipina, Malaysia, dan Vietnam, berdiskusi tentang program integrasi sistem data dan informasi yang dapat mendukung ADA, dipandu Arvice Marshal Carl Newman, Deputy Comander US PACAF.

Diskusi yang dipimpin oleh Mr. Pete Gumataotao, dari the National Defense University dan Asia Pacific Center for Strategic Studies. membahas isu kewaspadaan terhadap aktifitas ilegal maritim (Illicit Maritime Activity), dan aktifitas ilegal drone (Illicit Drone Activity) di wilayah teritorial atau di Zona ekonomi eksklusif.

Setelah diskusi para peserta juga menyaksikan demonstrasi Air-Common Operating Picture serta melaksanakan kunjungan ke 613th Air Operation Center. Ditempat tersebut, peserta mempelajari secara langsung infrastruktur dan alur kerja AOC.

Pada sesi lain, Pangkoopsudnas berkesempatan menghadiri paparan dari profesor Justin Bronk dari Royal United Services Institute (Inggris), tentang aspek kekuatan udara dalam perang Rusia – Ukraina.

Sumber : TNI AU

You may also like