Home » Tujuan dan Manfaat SEA Games Bagi Negara Peserta, Termasuk Cerminan Budaya Indonesia!

Tujuan dan Manfaat SEA Games Bagi Negara Peserta, Termasuk Cerminan Budaya Indonesia!

by Farah Lestari
32 views 3 minutes read

 

JAKARTA – Tujuan dan manfaat SEA Games bagi negara peserta menarik untuk diulas kali ini. Ajang olahraga bergengsi dua tahun itu diikuti oleh negara yang berada di kawasan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations).

Kini ASEAN beranggotakan 11 negara di antaranya, Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, Vietnam, Thailand, Myanmar dan Timor Leste.

Penyelenggaraannya yang digelar secara meriah membuat semua orang selalu menantikan ajang SEA Games yang diadakan setiap dua tahun sekali tersebut.

Lalu apa tujuan dan manfaat ajang olahraga bergengsi se-Asia Tenggara tersebut? Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai tujuan dan manfaat SEA Games bagi negara peserta;

 

Kontingen Indonesia

Tujuan dan Manfaat SEA Games Bagi Negara Peserta

Lahirnya SEA Games terinspirasi dari ajang olahraga Olimpiade. Presiden Komite Olimpiade, Laung Sukhumanaipradit mengusulkan agar diadakannya ajang olahraga antar negara di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Ide itu pun ditindaklanjuti dengan pertemuan empat negara yang diadakan di Thailand pada Mei 1958. Pertemuan empat negara itu dihadiri wakil dari Myanmar, Laos, Malaysia dan Thailand. Dalam pertemuan itu intinya menyetujui ide Laung Sukhumanaipradit untuk menyelenggarakan ajang olahraga tingkat regional di kawan Asia Tenggara.

Pertemuan keempat negara itu pun menghasilkan Southeast Asian Peninsula (SEAP) Games Federation pada Juni 1959. Vietnam dan Kamboja menjadi dua negara baru yang mengikuti ajang tersebut. Thailand mendapatkan kehormatan dengan menjadi tuan rumah inagurasi SEAP Games 1959.

Cabang olahraga yang dipertandingkan pada SEAP Games 1959 pada saat itu yakni badminton, sepak bola, basket, atletik, tenis, sepeda, menembak, renang, bola voli, angkat beban, tenis meja, boxing dan sepeda. SEAP Games berubah nama menjadi SEA Games usai Indonesia, Filipina dan Brunei memutuskan untuk bergabung pada 1977.

Dikutip dari buku Prestasi Indonesia pada SEA Games (2022) karya Firdaus Hendry beberapa manfaat SEA Games bagi negara peserta adalah:

  1. Mengenalkan Budaya Negara

Seperti diketahui SEA Games selalu diselenggarakan di negara yang berbeda setiap dua tahun sekali. Hal itu menjadi salah satu kesempatan emas bagi negara tuan rumah untuk mengenalkan budaya negara sendiri kepada negara-negara ASEAN lainnya.

Praktis dengan mengenalkan budaya negara sendiri ke banyak negara, membuat budaya dari negara tuan rumah dapat dikenal banyak orang. Serta hal itu akan membuat negara lain tidak mudah untuk mengklaim budaya-budaya tersebut.

  1. Menunjukkan Keindahan Alam 

Salah satu manfaat dari penyelenggaraan SEA Games adalah menunjukkan keindahan alam. Tentu SEA Games juga dapat menjadi peluang bagi negara tuan rumah untuk memamerkan keindahan alam kepada berbagai negara di seluruh dunia.

Tentu saja dengan memiliki keindahan alam diharapkan banyak investor yang bersedia untuk membantu negara mengembangkan wisata alam. Adapun devisa negara semakin bertambah apabila banyak para wisatawan mancanegara yang datang ke wisata alam negara tuan rumah SEA Games.

  1. Mempererat Jalinan Hubungan Antarnegara

SEA Games menjadi kesempatan untuk mempererat jalinan hubungan antarnegara. Tentu dengan bertemu dan bertatap muka secara langsung akan membuat hubungan antarnegara ASEAN menjadi lebih harmonis. Hal itu pun akan membuat setiap negara sejenak melupakan permasalahan yang terjadi diantara negara.

Meningkatkan Kerja Sama 

Manfaat terakhir dari penyelenggaraan SEA Games adalah meningkatkan kerja sama. Dengan adanya penyelenggaraan pesta olahraga kawasan se-Asia Tenggara itu akan membuat hubungan antarnegara ASEAN semakin erat.

Adapun kerjasama akan semakin erat di berbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial, olahraga dan lain-lain.

Demikian ulasan mengenai tujuan dan manfaat SEA Games bagi negara peserta. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada.

Sumber : Sport Start

You may also like