Home » Buset! Hitungan Jari Kota di ASEAN yang Udaranya Bersih

Buset! Hitungan Jari Kota di ASEAN yang Udaranya Bersih

by Maharani Putri
37 views 2 minutes read

Di Asia Tenggara hanya 2,7% wilayah yang memiliki udara sehat. Indonesia menjadi negara dengan polusi paling parah lho.
Dilansir dari CNA Sabtu (18/3/2023) IQAir, perusahaan yang melacak polusi udara di seluruh dunia mengeluarkan data terbarunya yang menyebutkan hanya 2,7 persen dari 296 wilayah Asia Tenggara yang memenuhi standar udara bersih sesuai pedoman WHO untuk PM2,5.

PM2.5 adalah partikel kecil yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Ini adalah salah satu bentuk polusi udara paling mematikan dengan diameter kurang dari 2,5 mikrometer. Partikel-partikel ini dapat menembus jauh ke dalam paru-paru, di mana mereka bertahan dalam waktu lama atau masuk ke aliran darah tanpa filter.

Paparan yang terlalu lama terhadap polusi udara berbahaya diketahui melemahkan resistensi terhadap penyakit pernapasan dan dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung.

IQAir juga menyebutkan tingginya polusi disebabkan oleh berbagai sumber. Nah, di Asia Tenggara pencemar utama adalah emisi industri, pembangkit listrik, emisi kendaraan, serta pembakaran terbuka.

Dalam laporan, Indonesia mencatat tingkat polusi regional tertinggi, dengan enam kotanya berada di 15 teratas untuk konsentrasi PM2.5 tertinggi. Rinciannya, Pasarkemis peringkat teratas di provinsi Banten di Jawa, dan kota besar Jakarta dan Surabaya menempati posisi keempat dan ketujuh di wilayah yang paling tercemar.

Hanoi di Vietnam berada di peringkat kedua sedangkan ibu kota Laos, Vientiane, adalah kota paling tercemar ke-14 tahun lalu.

Namun secara keseluruhan, Kualitas udara mengalami peningkatan di seluruh Asia Tenggara tahun lalu. Tujuh dari sembilan negara di wilayah tersebut mencatat penurunan konsentrasi PM2.5 sepanjang tahun. Hanya Vietnam dan Laos yang tingkat polusi udaranya memburuk.

Memang Jakarta memiliki kualitas udara terburuk, namun juga ada tiga kota di Indonesia yang masuk dalam ‘sehat’ 0-5 mikrogram per meter kubik – ukuran konsentrasi polutan udara. Yaitu Kupang di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pangkal Pinang di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Mamuju di Sulawesi Barat.

Kualitas udara terbaik ada di Nam Sach, sebuah distrik pedesaan di wilayah Delta Sungai Merah Vietnam.

Berikut daftar kota berudara sehat yang memenuhi standar WHO di Asia Tenggara

1. Nam savh Vietnam

2. King Mon Vietnam

3. Cam pha, Vietnam

4. Bongawan, Sabah

5. Kupang di Provinsi Nusa Tenggara Timur

6. Pangkal Pinang di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

7. Mamuju di Sulawesi Barat.

10 daftar kota paling berpolusi di dunia

1. Lahore, Pakistan
2. Hotan, Chnia
3. Bhiwadi, India
4. Delhi, India
5. Peshawar, Pakistan
6. Darbhanga, India
7. Asopur, India
8. N’djamena, Chad
9. New Delhi, India
10. Patna, India

10 daftar negara paling berpolusi di dunia

1. Chad
2. Iraq
3. Pakistan
4. Bahrain
5. Bangladesh
6. Burkino Faso
7. Kuwait
8. India
9. Mesir
10. Tajikistan

Untuk di level dunia, Indonesia berada di nomor 26 teratas dari 131 negara di dunia. Mirisnya, hanya 6 negara yang memenuhi pedoman WHO PM2.5 (rata-rata tahunan 5 µg / m3 atau kurang) yaitu Australia, Estonia, Finlandia, Grenada, Islandia, dan Selandia Baru.

Sumber : Detik 

You may also like