Home » Ukraina: Dua Belas Negara Mengkritik Pembatasan Biji-bijian

Ukraina: Dua Belas Negara Mengkritik Pembatasan Biji-bijian

by Maharani Putri
32 views 2 minutes read

Menteri pertanian dari dua belas negara anggota Uni Eropa, termasuk Prancis dan Jerman, telah menyatakan “keprihatinan serius” atas pembatasan yang diberlakukan oleh lima negara timur pada sereal impor Ukraina, dalam kerangka kompromi yang dicapai pada akhir April dengan Brussel.

Polandia, Hongaria, Slovakia, dan Bulgaria secara sepihak telah melarang impor sereal dan produk pertanian lainnya dari Ukraina pada pertengahan April 2023, termasuk masuknya, setelah pencabutan bea cukai Union pada Mei 2022, telah menyebabkan kejenuhan silo di negara-negara tersebut. dan penurunan harga lokal.

Penjaga kebijakan perdagangan Persatuan, Komisi Eropa telah menyimpulkan pada akhir April 2023 dengan empat negara bagian ini dan Rumania sebuah perjanjian yang menetapkan “langkah-langkah pengamanan” untuk memungkinkan mereka memblokir pemasaran gandum, jagung, rapeseed di tanah mereka dan Ukraina bunga matahari, asalkan tidak menghalangi transit mereka ke negara-negara Eropa lainnya.

Keterbatasan yang parah

Langkah-langkah “pembatasan impor selektif” dari Ukraina ini, diadopsi “tanpa berkonsultasi dengan Negara-negara Anggota”, menimbulkan “kekhawatiran serius, karena mereka mengarah pada perlakuan berbeda di dalam pasar internal bahkan jika penerapannya bersifat sementara dan luar biasa”, menekankan surat yang dikirim ke Komisi oleh para menteri Austria, Belgia, Kroasia, Denmark, Estonia, Prancis, Jerman, Yunani, Irlandia, Luksemburg, Belanda dan Slovenia.

“Setidaknya, klarifikasi diperlukan”, pertimbangkan Menteri Pertanian dari dua belas negara penandatangan.

“Setidaknya, klarifikasi diperlukan” pada artikulasi dengan aturan Eropa, kewajiban Uni terkait dengan perjanjian bea cukai dengan Ukraina dan dampaknya bagi Negara Anggota lainnya, lanjut surat tersebut. “Kurangnya transparansi ini serius, dalam konteks di mana Komisi mengatakan siap untuk mempertahankan langkah-langkah ini” dalam konteks perpanjangan satu tahun, mulai 6 Juni 2023, pembebasan bea masuk atas impor dari Ukraina.

Diskusi Tambahan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sendiri mengecam Selasa “tindakan proteksionis yang parah, bahkan kejam”, menyerukan “pencabutan semua pembatasan secepat mungkin”.

Kedua belas menteri juga menginginkan “diskusi tambahan” sebelum menyetujui bantuan 100 juta euro yang diusulkan pada pertengahan April oleh Komisi untuk petani yang terkena dampak di negara-negara Timur, meminta “penjelasan” tentang penggunaan dana tersebut. Amplop pertama sebesar 56,3 juta euro diberikan pada akhir Maret.

Komisi menyatakan akan menanggapi surat itu. “Kami jelas akan menyampaikan argumen yang kami anggap perlu (langkah-langkah ini), khususnya untuk jaminan transit, karena penting bagi kami agar pengiriman sereal Ukraina dapat berlanjut”, jelas seorang juru bicara.

Sumber: lafranceagricole

You may also like