Home » Satu-satunya Gumuk Pasir Sandboarding di Asia Tenggara, Ini 6 Tempat Wisata Terpopuler di Bantul

Satu-satunya Gumuk Pasir Sandboarding di Asia Tenggara, Ini 6 Tempat Wisata Terpopuler di Bantul

by Citra Gemi
18 views 4 minutes read



KLIKLUBUKLINGGAU.com– Bantul merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki banyak tempat wisata menarik dan beragam.

Daerah yang berada tidak jauh dari tengah kota Jogja ini menawarkan pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan mulai pantai, hutan pinus, gumuk pasir, air terjun, hingga wisata budaya.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Bantul yang menarik untuk dikunjungi.
1. Puncak Becici

Objek wisata ini letaknya di jalan patut Imogiri KM 12,5 di Dusun Gunung Cilik Desa Muntuk Kecamatan Dlingo, Bantul.

Puncak Becici menawarkan pemandangan hutan pinus yang indah dan sejuk serta beberapa wahana yang menarik untuk dinikmati sebagai tempat melepas lelah dari kesibukan sehari-hari.

Beberapa wahana menarik yang bisa dicoba seperti gardu pandang untuk melihat panorama hutan pinus dari ketinggian serta melihat pemandangan Kota Yogyakarta dan Gunung Merapi di kejauhan.
Kemudian ada juga wahana ayunan langit yaitu ayunan yang terletak di pinggir jurang sehingga pengunjung bisa merasakan sensasi berayun di atas ketinggian.

Tiket masuknya sebesar Rp10.000 per orang untuk dewasa dan Rp5000 per orang untuk anak-anak. Tiket masuk ini sudah termasuk biaya parkir dan asuransi.

2. Gumuk Pasir Parangkusumo

Berada di Jalan Pantai Parangkusumo Nomor 16 Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul, gumuk pasir ini tidak jauh dari Pantai Parangtritis.
Tempat ini memiliki beberapa keunikan yang membuatnya berbeda dari gumuk pasir lainnya. Gumuk Pasir Parangkusumo menawarkan sensasi olahraga ekstrem yang disebut Sandboarding yaitu meluncur di atas pasir dengan menggunakan papan khusus.

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan satu-satunya gumuk pasir untuk Sandboarding di Asia Tenggara. Selain bisa merasakan sensasi meluncur di atas pasir di sini juga terdapat beberapa wahana lain yang menarik.

Pengunjung juga bisa menyewa sepeda motor trail untuk mengelilingi kawasan Gumuk Pasir Parangkusumo dan menikmati petualangan offroad dengan sepeda motor trail.
Bisa membawa pengunjung ke Pantai Parangtritis, Pantai Depok dan Pantai Kuwaru. Untuk tiket masuk sebesar Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak.

3. Pantai Goa Cemara

Tempat ini menawarkan pemandangan pantai yang indah dengan hamparan pasir hitam dan ombak yang besar. Pantai Goa Cemara juga memiliki ciri khas berupa hutan cemara yang rindang dan sejuk yang menjadi tempat bersantai dan berfoto.

Di sini pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dari ketinggian dengan menaiki mercusuar setinggi sekitar 40 meter.
Dari atas mercusuar pengunjung bisa melihat panorama hutan cemara serta pemandangan lautan yang eksotis. Selain itu pengunjung juga bisa berkemah di bawah pohon cemara yang rindang dan sejuk.

Pengunjung bisa menyewa atau membawa tenda sendiri. Tempat wisata ini buka dari pukul 7 pagi sampai 6 sore. Dengan tiket masuk sebesar Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak.

4. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai terkenal dan terindah di Yogyakarta dengan pemandangan pantai yang eksotis dengan hamparan pasir hitam dan ombak yang besar.
Pantai ini juga memiliki aroma spiritual yang kental karena dipercaya sebagai pintu gerbang kerajaan laut selatan yang dipimpin oleh Kanjeng Ratu Kidul.

Di sini wisatawan bisa menikmati hembusan angin dan deburan ombak sambil melihat pemandangan pantai yang luas.

Pengunjung juga bisa berhenti di beberapa spot foto yang menarik seperti gardu pandang, rumah hobbit, ayunan langit dan berfoto-foto dengan latar belakang pantai yang indah.
Wisatawan cukup membayar sebesar Rp3.500 saja per orang. Tiket masuk ini sudah termasuk biaya parkir. Pantai Parangtritis buka setiap hari mulai dari pukul 6 pagi hingga 6 sore.

5. Hutan Pinus Pengger

Tempat ini memiliki area hiking yang indah yang cocok bagi yang suka berjalan-jalan di alam terbuka. Pengunjung bisa menjelajahi hutan pinus yang rimbun dan menikmati udara segar.

Di sini pengunjung melakukan berbagai aktivitas wisata seperti berfoto di banyak spot yang bagus dan kemping. Pengunjung bisa membawa tenda atau menyewa tenda di bawah rimbunan hutan pinus.
Untuk dapat menikmati keindahan tempat wisata ini, pengunjung cukup membayar sebesar Rp10.000 saja per orang. Tiket masuk ini sudah termasuk biaya parkir.

6. Bukit Lintang Sewu

Jika sedang berada di Yogyakarta dan ingin merasakan keindahan alam pedesaan yang menakjubkan, Bukit Lintang Sewu adalah pilihan yang sempurna dengan pemandangan yang memukau.

Bukit Lintang Sewu menawarkan pemandangan hutan kayu putih yang indah dan sejuk serta beberapa wahana yang menarik untuk dinikmati. Bukit Lintang Sewu terletak di Dusun Karang Asem Desa Muntu Kecamatan Lingo Kabupaten Bantul.
Di sini pengunjung dapat mencoba berbagai jenis wahana seperti gardu pandang yang menawarkan pemandangan yang indah Kota Jogja serta mencoba ayunan langit di tepi jurang dengan pengamanan yang ketat.

Untuk tiket masuk sebesar Rp10.000 saja per orang. Tiket masuk ini sudah termasuk biaya parkir Bukit Lintang Sewu dibuka setiap hari mulai dari pukul 8 pagi hingga 9 malam

Source : Lubuk Linggau

You may also like