Home » Menjadi Paling Luas di ASEAN, Simak Luas Negara Indonesia

Menjadi Paling Luas di ASEAN, Simak Luas Negara Indonesia

by Diah Harum
21 views 3 minutes read



Indonesia adalah negara kepulauan terbesar yang ada di dunia dengan setidaknya mempunyai 17.508 pulau di dalamnya. Secara geografis, Indonesia dibagi menjadi empat bagian berdasarkan batas wilayahnya, yaitu wilayah Indonesia Barat, wilayah Indonesia Timur, wilayah Indonesia Selatan, dan wilayah Indonesia Utara. Indonesia sendiri terdiri dari wilayah perairan yang luasnya dapat mencapai ⅔ dari keseluruhan wilayah daratannya. Maka dari itu, dengan adanya batasan wilayah, Indonesia bisa menjaga kekayaan baharinya dan mempunyai peran penting dalam menjaga perbatasan untuk negara lainnya yang berdekatan.

Secara geografis, Indonesia terletak di antara benua Asia dan benua Australia. Tidak hanya itu, Indonesia pun terletak di antara dua samudera, yaitu samudera Pasifik dan samudera Hindia. Indonesia sendiri adalah negara paling luas di kawasan ASEAN, mengingat luas daratan dan perairannya yang menyebar dengan pulau-pulau yang jumlahnya begitu banyak. Posisi geografis kepulauan membuat Indonesia mempunyai luas lautan yang jauh lebih besar dari luas daratan. Maka dari itu, Indonesia mempunyai iklim laut yang lembap, amplitudo rendah, suhu yang tak jauh berbeda antara siang dan malam, serta kelembapan udara yang tinggi.

Lalu, berapakah luas wilayah negara Indonesia? Cari tahu penjelasan lengkapnya berikut ini. Luas Negara Indonesia Negara Indonesia mempunyai luas wilayah 5.193.250 km² yang juga meliputi daratan serta lautannya. Sementara luas daratan negara Indonesia sendiri adalah 1.919.440 km² yang terdiri dari setidaknya 17.580 pulau yang tersebar luas. Indonesia membentang sepanjang 3.977 mil dengan luas perairan sampai 3.273.810 km².

Berdasarkan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2008, sudah ditegaskan jika wilayah negara Indonesia meliputi daratan, perairan, dasar laut, dan tanah di bawahnya, serta ruang udara di atasnya, termasuk juga seluruh kekayaan alam di dalamnya. Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium Dengan adanya pembagian batas wilayah secara hukum seperti ini mampu meminimalisir terjadinya berbagai macam bentuk pelanggaran yang mungkin dapat terjadi, seperti negara lain yang mengambil kekayaan alam di wilayah negara Indonesia atau warga negara asing yang masuk wilayah Indonesia tanpa izin. Letak Negara Indonesia

1. Letak Geografis Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera, yaitu benua Asia dan benua Australia, serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Berdasarkan letak geografisnya ini, Indonesia mendapatkan pengaruh dari angin muson barat dan angin muson timur yang menyebabkan Indonesia cuma mempunyai dua musim saja, yaitu musim kemarau dan musim hujan.

2. Letak Astronomis Sementara secara astronomis, Indonesia terletak pada derajat Lintang Utara atau LU sampai 11° Lintang Selatan atau LS serta 95° Bujur Timur atau BT sampai 144° Bujur Timur atau BT. Akibat letak astronomisnya ini, maka membuat Indonesia mempunyai iklim tropis.

3. Letak Geologis Secara geologis, Indonesia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu jalur pegunungan, lempeng, dan dangkalan. Letak geologis sendiri adalah letak sebuah wilayah berdasarkan jenis batuan yang ada pada permukaan bumi. Letak geologis negara Indonesia berada pada dua jalur pegunungan muda dunia yang dibagi menjadi dua, yaitu: Sebelah barat Indonesia adalah Sirkum Mediterania. Sebelah timur Indonesia adalah Sirkum Pasifik. Indonesia berada pada pertemuan tiga lempeng yang terdiri dari: Bagian utara Indonesia berbatasan dengan tameng Asia yang sampai saat ini mengalami perluasan sampai diberi sebutan Lempeng Asia. Bagian barat Indonesia berbatasan dengan benua Gondwana India, dasar Samudera Hindia. Bagian timur Indonesia terletak di dasar Samudera Pasifik.

Indonesia berada pada tiga dangkalan yang terdiri dari: Dangkalan Sahul Dangkalan Sunda Laut Pertengahan Australia Asiatik Akan semakin menarik rasanya untuk mempelajari mengenai berbagai macam hal berbau geografi ini dengan membaca Atlas Geografi Indonesia dan Dunia yang memberikan ilmu mengenai geografis secara menyeluruh.

Buku ini akan menerangkan di mana saja letak provinsi, garis lintang, serta arah dengan gambar peta dan warna yang dibedakan sesuai dengan keadaan alam yang ada.

Sumber : Buku Kompas

You may also like