Home » Rekap Hasil Negara ASEAN di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Semalam: Malaysia Menang Dramatis, Singapura dan Myanmar Terbantai

Rekap Hasil Negara ASEAN di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Semalam: Malaysia Menang Dramatis, Singapura dan Myanmar Terbantai

by Panji Bagaskoro
13 views 3 minutes read


Negara-negara ASEAN meraih hasil yang beragam pada matchday 1 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona AFC. Tidak semuanya mengalami kekalahan seperti Timnas Indonesia.

Ya, nasib buruk menghampiri Indonesia saat jauh-jauh bertandang ke Basra Sport City Stadium, markasnya Timnas Irak. Skuad asuhan Shin Tae-yong takluk 1-5, Kamis (16/11/2023) WIB.

Meski sempat mengimbangi di babak pertama dengan membalas dua go Irak lewat gol Shayne Pattynama (45+3’), Indonesia tidak berkutik di babak kedua. Tiga gol tambahan bertambah bagi tuan rumah.

Selain Indonesia, negara Asia Tenggara lain yang mengalami kekalahan telak adalah Singapura dan Myanmar. Sedangkan Malaysia, di luar dugaan, menang dramatis!

Malaysia 4-3 Kyrgyzstan

Skuad Malaysia merayakan golnya ke gawang Singapura di laga matchday 4 Grup B Piala AFF 2022 di Stadion Bukit Jalil, Selasa (03/01/2022) malam WIB. (c) Affmitsubishielectriccup.com

Malaysia tampil luar biasa pada matchday 1. Meski sempat unggul lebih dulu lewat Dion Cools (7’), Kyrgiztan lalu mencetak tiga gol balasan sampai awal babak kedua.

Namun, magis Bukit Jalil National Stadium membuat Malaysia bangkit. Dimulai dari dua gol penyama kedudukan yang dicetak oleh gol bunuh diri Christian Brauzman (72’) dan gol kedua Dion Cools (77’).

Malaysia akhirnya menutup laga tersebut lewat gol penentu kemenangan Faisal Abdul Halim (90+3’) di ujung waktu tambahan babak kedua.

Tiga poin perdana menempatkan Malaysia sementara berada di posisi 2 Grup D dengan koleksi 3 poin, hanya kalah selisih gol dari Oman di puncak klasemen.

Filipina 0-2 Vietnam

Timnas Vietnam di FIFA Matchday Oktober 2023 (c) AP Photo/Ahn Young-joon

Negara ASEAN lain yang juga memetik kemenangan adalah Vietnam. Kemenangan 2-0 diperoleh Vietnam saat melawat ke markasnya Filipina, Rizal Memorial Stadium.

Van Toan Nguyen (16’) dan Bac Dinh Nguyen (90+4’) mencetak gol kemenangan skuad asuhan Philippe Troussier. Modal bagus bagi Vietnam menatap laga selanjutnya.

Pasalnya, Vietnam kini bercokol di posisi 2 Grup F, membuntuti Irak yang sementara berada di puncak klasemen berkat kemenangan telak atas Indonesia.

Jepang 5-0 Myanmar

Timnas Myanmar di Piala AFF 2020 (c) AFF Suzuki Cup

Myanmar jadi satu dari tiga negara ASEAN yang terbantai pada matchday 1. Lawan yang menghabisi mereka tidak sembarangan, yaitu Jepang saat bermain di Panasonic Stadium.

Skuad asuhan Michael Feichtenbeiner ini merasakan betul kedigdayaan salah satu monster di benua Asia. Jepang memetik kemenangan ‘mudah’ 5-0. Ayase Ueda, penyerangnya Feyenoord, mencetak hattrick.

Kekalahan telak itu menempatkan Myanmar di posisi juru kunci Grup B sementara.

Korea Selatan 5-0 Singapura

Dua pemain Singapura, Faris Ramli dan Safuwan Baharudin (c) AP Photo

Di pertandingan lain, Singapura juga bernasib sama: dibantai oleh kekuatan besar di benua Asia, Korea Selatan di Seoul World Cup Stadium.

Skornya sama persis. Singapura yang dilatih pelatih asal Jepang, Takayuki Nishigaya takluk dengan skor 0-5 dari Korea Selatan.

Sama seperti Myanmar, Singapura kini menduduki posisi juru kunci Grup C di matchday 1.

Thailand 1-2 Cina

Skuad Thailand merayakan golnya ke gawang Malaysia di laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Thammasat, Bangkok, Selasa (10/01/2023) malam WIB. (c) Affmitsubishielectriccup.com

Sementara itu, nasib raksasa ASEAN, Thailand pun tidak bagus-bagus amat. Thaildn yang tampil di kandang sendiri, Rajamangala National Stadium menelan kekalahan dari Cina.

Sarach Yooyen awalnya membuat Thailand unggul di menit ke-23. Hanya saja, Cina memalas kemudian lewat masing-masing satu gol di babak pertama dan kedua.

Thailand yang kebetulan satu grup dengan Singapura menyudahi matchday 1 dengan tanpa poin.

Sumber : Bola.Net

You may also like