Home » Menpora Dito Harap POMNas Jadi Momentum Persiapan Indonesia Tuan Rumah ASEAN University Games 2024

Menpora Dito Harap POMNas Jadi Momentum Persiapan Indonesia Tuan Rumah ASEAN University Games 2024

by Angga Kulon
20 views 1 minutes read


Banjarbaru: Pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII 2023 Kalimantan Selatan (Kalsel) diharapkan menjadi momentum persiapan Indonesia dalam menjadi tuan rumah ASEAN University Games 2024. Harapan ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo dalam pembukaan POMNAS XVIII di Halaman Kantor Gubernur Kalsel, Kota Banjarbaru, Rabu (15/11) malam.

“Tahun depan kita tuan rumah ASEAN University Games di Surabaya. Saya harap momentum POMNAS ini bisa menjadikan semangat para bergelora para mahasiswa di ASEAN university games,” ujar Menpora Dito.

Menurut Menpora, gelaran ini bisa menjadi langkah awal dalam rangka menyiapkan tim nasional dan kontingen Indonesia. Apalagi cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dalam POMNAS kali ini mengalami penambahan dari 14 menjadi 16 cabang olahraga.

Sementara itu Staf Ahli Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Bidang Manajemen Talenta Tatang Muttaqin menyebut kontingen POMNas XVIII hadir dengan penampilan dan antusiasme tinggi. Menurutnya hal tersebut bisa menjadi modal untuk Kemendikbudristek menyiapkan ASEAN University Games yang akan dilaksanakan di Jawa Timur pada 2024.

“Mudah-mudahan adik-adik yang saat ini hadir, yang merupakan atlet-atlet berprestasi di provinsinya masing-masing, bisa menjadi bagian talenta yang bisa kita tingkatkan kualitasnya,” tutur Tatang.

Dikatakan, kontingen-kontingen daerah yang saat ini hadir sudah ada dalam sistem informasi manajemen talenta yang dimiliki Kemendikbudristek. Yang selanjutnya menjadi bagian sari amanat Presiden di dalam keputusan presiden (Keppres) terkait manajemen talenta nasional.

ASEAN University Games sendiri merupakan ajang kompetisi olahraga untuk para atlet dari berbagai universitas di kawasan Asia Tenggara. Event ini diadakan setiap dua tahun sekali oleh ASEAN University Sport Council sejak tahun 1981. (luk)

Sumber : Kemenpora

You may also like