Home » 11 Nama Mata Uang Negara ASEAN dengan Kode Internasionalnya

11 Nama Mata Uang Negara ASEAN dengan Kode Internasionalnya

by Maharani Putri
21 views 2 minutes read



Mata uang adalah satuan nilai yang digunakan di suatu negara.Mata uang punya peran sentral dalam mencerminkan identitas dan kedaulatan suatu negara.
Tak terkecuali negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Sampai saat ini, jumlah anggota ASEAN ada negara yang terdiri dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Ketahui nama-nama mata uang negara ASEAN berikut ini.

Mata Uang Negara ASEAN
Dikutip dari emodul IPS Kemdikbud Kelas VIII oleh Mukminan, dkk., berikut adalah nama resmi mata uang negara ASEAN dengan kode internasionalnya:

1. Indonesia – Rupiah (IDR)
Mata uang Indonesia adalah Rupiah dengan kode internasional IDR. Sebagai bank sentral yang mengelola Rupiah, Bank Indonesia (BI) dalam kehidupan sehari-hari rupiah dilambangkan dengan Rp.

2. Singapura – Dolar Singapura (SGD)
Dalam keuangan internasional, lambang Dolar Singapura adalah S$. Otoritas Moneter Singapura menjadi bank sentral dalam mengelola mata uang ini.

3. Malaysia – Ringgit (MYR)
Advertisements

Ringgit merupakan nama mata uang Malaysia dengan kode internasional MYR. Ringgit Malaysia dilambankan dengan RM, dengan bank sentral Bank Negara Malaysia (BNM).

4. Thailand – Baht (THB)
Baht Thailand dilambangkan dengan ฿ dan dalam keuangan internasional berkode THB. Di mana Bank of Thailand merupakan bank sentral yang bertanggung jawab atas mata uang ini.

5. Vietnam – Dong Vietnam (VND)
Dong Vietnam adalah mata uang Vietnam yang dilambangkan dengan â‚« . Bank Negara Vietnam adalah bank sentral yang bertanggung jawab atas mata uang ini.

6. Brunei Darussalam – Dollar Brunei (BND)
Secara internasional, kode Dollar Brunei adalah BND. Di kehidupan sehari-hari mata uang ini dilambangkan B$. Autoriti Monetary Brunei Darussalam merupakan bank sentral yang mengelola mata uang ini.

7. Kamboja – Riel (KHR)
Riel Kamboja dilambangkan dengan CR dan dalam keuangan internasional berkode KHR. Bank sentral yang mengelola mata uang ini adalah Bank Nasional Kamboja.

8. Laos – Kip (LAK)
Kip Laos dilambangkan dengan simbol simbol â‚­ atau â‚­N. Dalam keuangan internasional kodenya LAK, di mana Bank of the Lao PDR adalah bank sentral yang bertanggung jawab atas mata uang ini.

9. Myanmar – Kyat (MMK)
Kyat dilambangkan dengan K dan dalam keuangan internasional kodenya MMK. Bank Sentral Myanmar menjadi bank sentral yang bertanggung jawab atas mata uang ini.

10. Filipina – Peso (PHP)
Peso adalah mata uang negara Filipina kode (PHP). Yang bertanggung jawab atas mata uang Filipina adalah Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP).

11. Timor Leste – Dolar AS (US$)
Dilansir laman Banknote World, saat ini, mata uang resmi Timor Leste adalah dolar AS. Timor Leste mengadopsi dolar AS pada tahun 1976, tepatnya setahun setelah mereka merdeka.

Sebelumnya di negara ini juga sempat menggunakan mata uang Pataca (mata uang Macau), Rupiah, dan Escudo (mata uang Portugal).

Alasan Timor Leste memilih dolar AS sebagai mata uangnya adalah karena bernilai tinggi untuk ukuran standar harga barang dan jasa di negara ini.

Itu tadi informasi seputar nama mata uang negara ASEAN. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian ya detikers.

Sumber : Detik Finance

You may also like