Home » 20 Negara Selain ASEAN Diusulkan Sandiaga Bebas Visa Kunjungan

20 Negara Selain ASEAN Diusulkan Sandiaga Bebas Visa Kunjungan

by Diah Harum
18 views 1 minutes read


Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajukan 20 negara tertinggi di luar negeri untuk mendapatkan bebas visa kunjungan selain negara-negara ASEAN. Hal itu disampaikan dalam rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 7 Desember 2023.

“Tadi diputuskan untuk diajukan negara-negara mana yang akan diusulkan untuk bebas visa kunjungan. Dari Kemenparekraf mengajukan 20 negara dengan wisatawan mancanegara tertinggi di luar negara luar bebas visa kunjungan yaitu negara ASEAN,” kata Sandi di Kompleks Kepresidenan Jakarta.

Adapun, kata Sandi, negara yang diusulkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di antaranya Australia, China, India, Korea Setan, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, Belanda, Jepang, Rusia, Taiwan, Selandia Baru, Italia, dan Spanyol.

“20 negara merupakan teratas penyumbang wisawatan mancanegara ke Indonesia, termasuk beberapa negara Timur Tengah yang berkaitan dengan investasi,” ujarnya.

Sedangkan, Sandi mengatakan Kementerian BUMN mengusulkan 13 bandara menjadi diprioritaskan untuk menampung kunjungan wisatawan mancanegara yang terbuka bagi wisawatan internasional. “Masukan dari Bu Menlu (Retno Marsudi), Pak Mendagri (Tito Karnavian) ada azas resiprokal dan aspek keamanan dijaga,” jelas dia

Sumber : VIVA

You may also like