Home » Duta Besar Laos untuk Indonesia Apresiasi The 9th ASEAN Marketing Summit

Duta Besar Laos untuk Indonesia Apresiasi The 9th ASEAN Marketing Summit

by Mawar Santoso
17 views 2 minutes read



The 9th ASEAN Marketing Summit, yang menjadi rangkaian MarkPlus Conference (MPC) 2024 telah usai digelar, Rabu (6/12/2023). Closing Remarks ditutup oleh Khamsonvanh PHUTDAVONG sebagai Duta Besar Laos untuk Indonesia.

“Pertama-tama, izinkan saya menyampaikan permohonan maaf karena Duta Besar tidak dapat hadir malam ini, karena jadwalnya yang sangat padat. Saya ucapkan selamat kepada penyelenggara yang telah mengadakan acara megah ini beberapa kali selama dekade,” kata perwakilan Duta Besar Laos untuk Indonesia saat Closing Remarks The 9th ASEAN Marketing Summit dalam rangkaian MPC 2024, Rabu (6/12/2023).

Ketika diundang untuk memberikan sambutan penutup, mungkin, ini terjadi karena Laos akan menjadi Ketua ASEAN untuk tahun mendatang. Laos sendiri menjadi Negara Anggota ASEAN pada 23 Juli 1997.

Selama keanggotaannya dalam ASEAN, Laos secara aktif memberikan kontribusi pada proses pembangunan ASEAN Community, serta menjaga dan mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan pembangunan di kawasan dan di luar kawasan.

Laos berhasil menjadi Ketua ASEAN dua kali. Pertama kali pada tahun 2004-2005, dengan tema “Majukan Keluarga ASEAN yang Aman dan Dinamis melalui Solidaritas yang Lebih Besar, Integrasi Ekonomi, dan Kemajuan Sosial”.

Sementara kedua kali pada tahun 2016, dengan tema “Mewujudkan Visi menjadi Kenyataan untuk Komunitas ASEAN yang Dinamis”. Pada 2024 mendatang, Laos akan menjadi Ketua ASEAN untuk ketiga kalinya dengan tema “ASEAN: Meningkatkan Konektivitas dan Ketahanan”.

“Ketuaan ASEAN Laos pada tahun 2024 akan berfokus pada meningkatkan konektivitas dan ketahanan ASEAN melalui intensifikasi kerja sama ASEAN di bawah tiga pilar komunitas,” ujar perwakilan Duta Besar Laos untuk Indonesia.

Adapun, tiga pilar komunitas tersebut di antaranya mempromosikan konektivitas infrastruktur, menyusutkan kesenjangan pembangunan, mendorong integrasi ekonomi yang lebih besar dan pertukaran antarwarga.

Kemudian memperkuat hubungan ASEAN dengan mitra eksternal, sambil menjaga relevansi dan pusat ASEAN dalam arsitektur regional yang terus berkembang.

Laos siap bekerja sama erat dengan Negara Anggota ASEAN dan semua mitra eksternal untuk menjamin kesuksesan Ketuaan ASEAN Laos dan kemajuan pembangunan ASEAN Community pada tahun 2024 dan seterusnya.

“Kami berharap dapat menyambut semua orang dari dekat dan jauh ke Laos pada tahun 2024, tahun Ketuaan ASEAN Laos dan ‘Visit Laos Year 2024’. Selamat datang di Laos,” ujarnya lagi.

Terakhir tapi tidak kalah penting, The 9th ASEAN Marketing Summit, yang menjadi rangkaian MarkPlus Conference (MPC) 2024 memiliki tema “Think-Fell-Act: Transform Now”.

“Sebab itu, saya yakin bahwa peserta akan mendapatkan perspektif terkini dan ide-ide inspiratif tentang bagaimana inisiatif ASEAN berdampak pada bisnis global,” tutupnya.

Sumber : Markeeters

You may also like