Home » 6 Fakta Indonesia Jadi Negara Pertama di ASEAN Terapkan Bayar Tol Tanpa Berhenti

6 Fakta Indonesia Jadi Negara Pertama di ASEAN Terapkan Bayar Tol Tanpa Berhenti

by Diah Harum
17 views 2 minutes read



Indonesia menerapkan teknologi tol nir sentuh MLFF (Multi Lane Free Flow) atau pembayaran tol tanpa henti. Hal ini dianggap sebagai metode pembayaran terbaru pada transaksi jalan tol di Indonesia, yang berbasis Global Navigation Satelit System (GNSS).

Penerapan sistem ini bertujuan meningkatkan efisiensi sistem pembayaran tol Indonesia. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta dukungan para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mensukseskan uji coba MLFF atau Tol Nir Sentuh tersebut.

Dirangkum oleh Okezone pada, Sabtu (9/12/2023) berikut sederet fakta bayar tol tanpa henti, dan RI dianggap sebagai negara pertama yang pakai teknologi ini di ASEAN

1. Cara Kerja MLFF atau Tol Nir Sentuh

Penerapan sistem ini ternyata akan terdapat sebuah kamera atau teknologi GNSS (Global Navigation Satelite System) bakal menangkap kendaraan yang melintas menggunakan citra satelit. Sehingga, nantinya kamera atau teknologi tersebut bakal mendeteksi apabila pengendara berhasil melakukan transaksi, dan palang pintu tol pun nantinya bakal terbuka secara otomatis.

2. Implementasi dan Uji Coba

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menyebutkan penerapan teknologi tol nir sentuh akan diuji coba dengan skema transisi. Uji coba tersebut juga akan dilaksanakan di ruas tol Bali – Mandara pada Desember 2023.

3. Indonesia Jadi Pionir

PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) mengungkapkan Indonesia menjadi pionir dan negara pertama di Asia Tenggara atau ASEAN yang menerapkan teknologi Multi Lane Free Flow, atau Pembayaran Tol tanpa henti berbasis Global Navigation Satelit System (GNSS).

“Indonesia menjadi pionir dan negara pertama di Asia Tenggara yang akan menerapkan teknologi MLFF berbasis GNSS,” ujar Direktur PT Roatex Indonesia Toll System Gyula Orosz, Rabu (6/12/2023).

4. Pendapat Gyula Orosz

Direktur PT Roatex Indonesia Toll System Gyula Orosz juga berpendapat bahwa implementasi MLFF menjadi bagian dan langkah penting untuk Indonesia dalam memodernisasi jaringan transportasi dengan teknologi tinggi yang handal serta memberikan standar bagi negara lain untuk merevolusi sistem tolnya. Teknologi MLFF juga merevolusi perjalanan menggunakan jalan tol sehingga menjadi lebih lancar dan efisien serta membawa Indonesia memasuki era Toll Roads Technology 4.0.

5. Sanksi, Aturan, Hingga Skema Transaksi dalam PP No 15 tahun 2005

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan revisi PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol sudah berada di meja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam PP tersebut akan ada penjelasan spesifik yang mengatur soal sanksi bagi para pelanggar, aturan teknis pelaksanaan, skema transaksi, dan lain sebagainya.

6. Penetapan Tarif Tol

Penetapan tarif tol sendiri akan dihitung melalui sebuah aplikasi ponsel yang terhubung dengan sistem tol. Penghitungan ini dimulai ketika kendaraan suatu memasuki pintu tol dan berakhir saat kendaraan melewati gerbang tol keluar.

Sumber : Oke Zone

You may also like