Home » Daftar Negara dengan Pasar Kopi Modern Terbesar di Asean pada 2023

Daftar Negara dengan Pasar Kopi Modern Terbesar di Asean pada 2023

by Mawar Santoso
18 views 1 minutes read


Berdasarkan laporan Momentum Works, Indonesia menjadi pasar kopi modern terbesar di Asia Tenggara pada 2023. Hal itu terlihat dari nilai omzet tahunan (annual turnover) dari pasar kopi modern di dalam negeri yang ditaksir mencapai US$947 juta pada tahun ini.

Nilai tersebut setara dengan 27,70% dari total pasar kopi modern di Asia Tenggara yang mencapai US$3,4 miliar pada 2023. Hal itu utamanya didorong oleh ekspansi dari jaringan usaha kopi lokal. Posisi Indonesia diikuti Thailand dengan nilai pasar kopi modern sebesar US$807 juta.

Lalu, Vietnam diperkirakan memiliki nilai pasar kopi modern sebesar US$572 juta. Vietnam memiliki nilai pasar kopi modern senilai US$572 juta. Setelahnya ada Filipina dengan nilai pasar kopi modern sebesar US$445 juta. Malaysia berada di urutan selanjutnya dengan nilai pasar kopi modern sebesar US$364.

Sementara, Singapura memiliki nilai pasar kopi modern sebesar US$284 juta. Lebih lanjut, ada sejumlah pemain kopi modern yang cukup besar di tanah air. Beberapa di antaranya Starbucks, J.CO, Janji Jiwa, Kopi Kenangan, dan Lain Hati.

Sumber : Duta Indonesia

You may also like